Ad Code

Silahkan Scroll

Bisnis Informatika

Analisis 2 Perusahan Nasional (Shopee, Indomaret) dan 2 Perusahaan Internasional (Youtube, Google)

SHOPEE


1.    Latar Belakang

Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited (sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng, mantan karyawan Rocket Internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.

Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama. Butuh rujukan

Pada tahun 2017, platform ini mencatat 80 juta unduhan aplikasi dengan lebih dari empat juta penjual dan lebih dari 180 juta produk aktif. Pada kuartal keempat tahun 2017, Shopee melaporkan nilai perdagangan bruto (GMV) sebesar US$1,6 miliar, naik 206 persen dari tahun sebelumnya. Shopee memiliki nilai total GMV pada tahun 2018 sebesar US$2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.

Di Malaysia, Shopee menjadi portal perdagangan elektronik ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Q4 2017, menggantikan Lelong dan melampaui peringkat Lazada sebagai aplikasi terbaik di Google Play dan iOS App store.

Demikian pula di kalangan konsumen di Indonesia, survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh TheAsianParent mengungkapkan bahwa Shopee adalah platform belanja pilihan pertama bagi para ibu di Indonesia (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%), dan Instagram (50 %).

Pada April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di platform Shopee untuk menjadi pemain ketiga yang bersaing dengan Gofood dan GrabFood. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500 penjual makanan di wilayah Jakarta.


2.    Omset Perusahaan

Pendapatan Shopee diprediksi US$ 4,5 miliar-US$ 4,7 miliar atau sekitar Rp 64,5 triliun-Rp 67,3 triliun pada 2021. "Diproyeksi tumbuh 112,3% secara tahunan (year on year/yoy),” demikian isi laporan kinerja Sea Group pada kuartal IV 2020. Sepanjang tahun lalu, pendapatan Shopee meningkat 159,8% yoy menjadi US$ 2,2 miliar (Rp 31,5 triliun). Jika dihitung dengan insentif penjualan bersih, maka nilainya mencapai US$ 2,5 miliar (Rp 35,8 triliun).

 

3.    Karakteristik Perusahaan

Zaman sekarang orang tidak asing lagi dengan namanya belanja online, selain mudah, biasanya harga barang yang ditawarkan lebih murah dibandingan beli di toko. Tapi ada banyak sekali situs belanja online. Salah satunya adalah Shopee. Setiap website belanja online pasti memiliki kelebihan masing-masing yang mereka tawarkan kepada konsumen. Nah, apa saja sih kelebihan yang ditawarkan Shopee, dibandingkan situsbelanja online yang lain?

·       Bisa tawar menawar

Siapa bilang kegiatan tawar menawar hanya bisa dilakukan saat belanja langsung, nah ini dia Shopee memberikan fitur “tawar menawar” kepada konsumen. Sehingga konsumen dapat mendapatkan barang dengan harga yang cukup murah dari yang ditawarkan.

·       Banyak pilihan “Jasa Pengiriman”

Shopee menawarkan 8 jasa pengiriman yang bisa kamu pilih seperti JNE, JNT, GO-SEND, POS KILAT dan bahkan bisa juga kirim dari luar negeri loh! Nggak hanya itu, masing-masing jasa pengiriman menawarkan harga yang berbeda-beda, jadi kamu bisa memilih yang pas dikantong dan juga yang tersedia di kota kamu.

·       Banyak Pilihan

Tahu nggak sih kalau Shopee memiliki sedikitnya 26 kategori yang ditawarkan, mulai dari Pakaian, Make-up sampai Souvenir Pesta. Jadi, kamu nggak usah pusing lagi ketika mau mencari barang yang kamu cari, karena Shopee sudah menyusun rapih dengan mengkategorikannya. Tinggal klik kategori yang kamu inginkan, dan produk yang kamu cari akan langsung muncul di layar HP atau komputer.

 

 

·       Mudah, Simple dan hits

Terkadang situs online shop lain menawarkan pilihan proses pembayaran yang sedikit membingungkan. Tak jarang user bingung apa yang harus dilakukan. Di Shopee proses pembayaran telah dipermudahkan. Meskipun kamu baru berbelanja di Shopee untuk pertama kalinya pasti kamu akan langsung mengerti. Shopee memberikan pengalaman belanja online yang mudah dan simple and no ribet. Karena sudah tertera jelas langkah-lngkahnya. Dan hal-hal yang lagi trend misalnya make-up, fashion dll dapat kamu temukan dengan mudah di Shopee dan mejadikan kamu “kids zaman now” bukan “kids zaman old”

·       Banyak promo

Eits, ini dia yang paling spesial dari Shopee! Banyaknya promo dan nggak main-main loh promo yang ditawarkan Shopee, dan promo yang ditawarkan juga beragam dari cashback hingga 100rb, diskon 90% dan masih banyak lagi. Wah, bikin ngiler ‘kan! Dan asyiknya lagi, Shopee memberika promo setiap hari loh! Semakin banyak kita belanja semakin banyak promo yang kita dapatkan.

 

4.    Keunggulan

Apa sih sebenarnya keunggulan dari Shopee Indonesia hingga menjadi marketplace terbesar dan terlaris? Beberapa keunggulan yang ditawarkan Shopee baik melalui aplikasi smartphone maupun web antara lain:

·   Terdapat fitur gratis ongkir yang memudahkan pembeli mendapatkan barang tanpa perlu membayar biaya ongkos kirim.

·         Banyak program yang menarik sehingga menguntungkan penjual dan pembeli.

·  Sistem pembayaran yang mudah, baik melalui rekening bank, ATM, Shopee Pay, Indomaret/Alfamart, hingga COD.

·        Aplikasi mudah digunakan, bahkan untuk para pemula.

·        Kecepatan transaksi sehingga dapat menghemat waktu belanja.

·    Proses transparan karena pembeli dapat mengecek resi pengiriman dengan mudah melalui aplikasi.

·        Memudahkan penjual dalam memasarkan produk dengan cepat dan menarik.

·        Terdapat fitur pembayaran tagihan PLN, internet, hingga air.

·        Terdapat fitur live chat yang memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi.

·    Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan pembeli untuk melakukan penawaran atau nego harga.

 

INDOMARET


1.    Latar Belakang

PT Indomarco Prismatama, beroperasi sebagai Indomaret, adalah jaringan pengecer waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dengan nama Indomart dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan Juni tahun 2021, jumlah gerai sebanyak 18.939 gerai. Mitra usaha waralaba ini meliputi koperasi, badan usaha dan perorangan. Indomaret tersebar merata dari Sumatra, Batam, Jawa, Madura, Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Motto perusahaan adalah Mudah dan Hemat.

Pada tahun 2013, PT Dyviacom Intrabumi Tbk (DNET), mengakuisisi 3 perusahaan yang bergerak dibidang ritel, yaitu PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti), PT Fastfood Indonesia Tbk (KFC) dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). DNET kemudian berubah nama menjadi PT Indoritel Makmur Internasional Tbk, dan menjadi induk perusahaan bagi ketiganya.

Kepemilikan DNET di Indomaret dan Sari Roti merupakan pemegang saham mayoritas dimana masing-masing memiliki 40% dan 31,5%. Sedangkan di KFC, DNET menjadi pemegang saham terbesar kedua 35,8%.

Per tanggal 26 September 2014, Salim Group (induk usaha Indomaret) melalui kongsi strategis dengan Philadel (Philadel Terra Lestari), telah memiliki 20% saham PT Bank Ina Perdana Tbk (Bank Ina). Philadel berencana menambah kepemilikan saham di Bank Ina hingga 30% untuk mensinergikan sistem kantor tanpa cabang Bank Ina dengan jaringan retail Indomaret.

Pada tanggal 24 Agustus 2017, PT XL Axiata Tbk telah mengumumkan bahwa Elevenia, sebuah perusahaan Online Shopping, tak akan lagi menjadi milik perusahaannya. Sehari sebelumnya, juga beredar kabar bahwa mitra XL di Elevenia, SK Planet, juga hengkang. Per paruh kedua 2017, Elevenia memang di bawah Grup Salim (induk usaha Indomaret) lewat PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

 

2.    Omset Perusahaan

Langkah ekspansi Indomaret kian tak terkendali. Terbukti dari jumlah outlet yang dikembangkan kian menyebar keseluruh pelosok tanah air. Menurut Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, hingga akhir tahun lalu jumlah outlet Indomaret mencapai 17.600 outlet.  Sedangkan akhir tahun ini PT Indomarco Prismatama menargetkan akan menjadi 18.600 outlet atau bertambah 1000 outlet.

Ia menambahkan, tahun ini Indomaret akan memperkuat penyebaran ke wilayah Timur Indonesia, khususnya Ambon, dimana Indomaret menargetkan akan membuka 50 outlet, sedangkan sisanya akan memperkuat di kota-kota yang sudah ada seperti Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Ambon. Hingga Januari 2020, Indomaret mencapai 17.681 outlet.

Bertambahnya jumlah outlet seiring dengan peningkatan omset yang dibidik PT Indomarco Prismatama. Menurut Wiwiek, bila tahun 2018 omset Indomaret mencapai Rp 70 triliun, sedangkan 2019 omsetnya mencapai Rp 80 triliun. “Tahun ini, kami menargetkan omset Rp 95 triliun,” katanya disela-sela penyerahan donasi pelanggan Indomaret di Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta.

 

3.    Karakteristik Perusahaan

Indomaret merupakan salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. Indomaret memiliki cabang sangat banyak, baik di kota besar sampai di kota kecil.Konsepnya sebagai mini market pun dapat memungkinkan letaknya untuk dapat memasuki area komplek atau perkampungan. Bebeberapa tahun ini kita sering melihat beberapa jenis Indomaret yang berukuran sedikit lebih besar, seperti Indomaret Point, Indomaret Plus, maupun Indomaret Fresh. Namun tahukah perbedaan mengenai ketiga jenis Indomaret tersebut?

 

Indomaret Plus

Yang pertama adalah Indomaret Plus, Indomaret ini mengusung konsep midimarket yaitu konsep yang baru baru ini mulai menjadi tren di masyarakat, pesaing terberat Indomaret yaitu Alfamart pun telah memiliki toko retail jenis ini yaitu Alfamidi. Indomaret ini memiliki ukuran yang lebih besar sehingga target pasarnya adalah komunitas, tidak hanya sekedar lewat untuk berbelanja, dengan adanya Indomaret ini masyrakat juga dapat memenuhi lebih banyak kebutuhan mingguannya.

 

Indomaret Fresh

Yang kedua adalah Indomaret Fresh, Indomaret ini masih terfokus di kota kota besar di Indonesia. Hampir sama dengan Indomaret plus, jenis Indomaret ini memiliki ukuran yang lebih besar kelebihannya terletak di barang barang yang dijual didalamnya. Tidak hanya menjual barang grocery, Indomaret Fresh juga menujual barang barang fresh, baik berupa buah maupun daging. Sama seperti Indomaret Plus, Indomaret Fresh juga mengincar target pasar komunitas, dengan adanya Indomaret Fresh ini tidak hanya kebutuhan harian, kebutuhan mingguan juga dapat terpenuhi dengan adanya Indomaret Fresh ini.

 

Indomaret Point

Yang Terakhir adalah Indomaret Point. Dengan munculnya konsep retail baru yang menjadi tren di Indonesia yaitu konsep convenience store, manajemen Indomaret tentu tidak ingin ketinggalan untuk ikut bermain dalam segmen ini. Konsep convenience store yang sudah berkembang di kota kota besar di dunia menjadi alasan dapat diterimanya konsep ini di Indonesia. Dengan konsep convenience store ini maka barang yang dijual di Indomaret Point menjadi bertambah. Indomaret point dengan konsep convenience store menjual berbagai macam makanan dan minuman cepat saji selain itu fasilitas meja dan kursi serta wifi juga diberikan untuk menunjang kenyamanan pelanggan.

 

4.    Keunggulan

Ini dia keunggulaan dari Indomaret

·       Indomaret merupakan bisnis Franchies yang pertama diterapkan di Indonesia dan merupakan pionner dalam bidang ritel bentuk minimarket.

·      Produk yang disediakan di Indomaret sangat beragam dan masih fresh. Mulai dari makanan, minuman, sayur dan buah tersaji di Indomaret.

·       Memiliki system pembelian secara virtual dnegan beragam promosi melalui Indomaret Card

·       Investasi bidang frainchise yang ditawarkan snagat kompetitif.

·       Penempatan lokasi di beberapa berapa wilayah sangat strategis

·       Upah karyawan yang seimbang dnegan biaya operasional

·       Pertumbuhan frainchise tinggi setiap tahunnya

·      Barang yang dijual di Indomaret merupakan barang eceran dnegan harga yang relative murah karena mengambil pasokan barang dari salah stau distributor terbesar produk tersebut.

·       Merupakan pelopor bisnis waralaba bidang retail di Indonesia

·       Menggunakan plastic yang ramah lingkungan

 

YOUTUBE

1.    Latar Belakang

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga ada dalam situs ini.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign

 

2.    Omset Perusahaan

Untuk pertama kalinya, YouTube membeberkan pendapatannya. Sejak diakuisisi Google tahun 2006, YouTube belum pernah sekalipun mengungkap berapa pendapatannya. Platform berbagi video itu meraup lima miliar dollar AS (sekitar Rp 68,8 triliun) dalam tiga bulan dari pendapatan iklan. Laporan itu disampaikan langsung oleh CEO Alphabet, sekaligus CEO Google, Sundar Pichai saat memaparkan pendapatan kuartal Alphabet. Secara tahunan, YouTube disebut menghasilkan 15,15 miliar dollar AS (Rp 208,1 triliun) pada tahun 2019. Pendapatan ini naik 36,5 persen dari tahun 2018 yang meraup 11,2 miliar dollar AS (Rp 153,8 triliun). Angka ini menyumbang 10 persen dari total pendapatan Google. Pendapatan iklan yang dihasilkan YouTube hampir seperlima dari pendapatan iklan Facebook dan enam kali lebih besar dibanding iklan Twitch, platform video streaming milik Amazon.

 

3.    Karakteristik Perusahaan

Berikut beberapa Karakteristik Youtube yang disukai oleh usernya:

·      Tidak terdapat batasan waktu dan jumlah data untuk mengunggah video kedalam situs ini.

·      Sistem keamanan yang sangat baik dan pihak Youtube sendiri membatasi jenis konten dengan tidak memberikan izin pada jenis konten yang berbai illegal dan sara.

·    Youtube memberikan fasilitas berbayar dimana video yang mendapatkan minimal 1000 viewer akan mendapatkan honor.

·    Terdapat fitur offline yang membuat pengguna dapat menonton video saat offline namun video tersebut harus di download terlebih dahulu.

·       Pengguna dapat mengedit video langsung pada situs karena disediakan alat editing sederhana dengan fitur memotong video, memfilter warna atau juga menambahkan efek transisi.

 

4.    Keunggulan

·         Menjadi sumber informasi lengkap dan up-to-date.

·         Menjadi sumber penghasilan.

·         Media menyalurkan kreativitas tanpa batas.

·         Media promosi terbaik dan tertarget.

·         Media belajar skill tertentu secara gratis.

 

GOOGLE


1.    Latar Belakang

Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi. Pada tahun 2014, Google juga mendapat penghargaaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai.

 

Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brin menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Pichai.

 

2.    Omset Perusahaan

Google memperoleh pendapatan sebesar US$ 160,7 miliar pada 2019. Jumlah itu berasal dari iklan (US$ 134,8 miliar) dan Google Cloud (US$ 8,9 miliar). Pendapatan noniklan, seperti biaya langganan YouTube Music dan penjualan perangkat keras, juga berkontribusi banyak, yakni US$ 17 miliar. Pendapatan tersebut meningkat sekitar 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, bukan hanya pada 2019, pendapatan perusahaan ini terus meningkat dalam empat tahun terakhir. Pada 2016, nilainya bahkan belum menembus US$ 100 miliar.

 

3.    Karakteristik Perusahaan

Google Chrome menampilkan antarmuka pengguna minimalis, dengan prinsip antarmuka pengguna yang kemudian diterapkan ke peramban lain. Misalnya, penggabungan bilah alamat dan bilah penelusuran ke dalam omnibox. Chrome juga memiliki reputasi untuk kinerja browser yang kuat.

·         Markah dan pengaturan sinkronisasi

·         Dukungan standar web

·         Keamanan

·         Kecepatan

·         Stabilitas

·         Antarmuka pengguna

·         Pintasan dan aplikasi desktop

·         Ekstensi

·         Tema

·         Terjemahan halaman web otomatis

 

4.    Keunggulan

·       Hasil Sangat Relevan

Jika kita bandingkan dengan mesin pencari lain, Google adalah mesin pencari yang mengeluarkan hasil pencarian yang paling relevan sesuai kebutuhan penggunanya. Hal tersebut karena Google memiliki algoritma yang sangat baik untuk memunculkan web berkualitas tinggi di halaman pencariannya.

·       Support pencarian Berdasarkan Lokasi

Google juga dilengkapi dengan kemampuan yang dapat melakukan pencarian berdasarkan lokasi pengguna. Misalnya di Indonesia, maka akan menjadi google.co.id. dan hasil nya pun lebih relevan karena sesuai dengan kebiasaan pencarian di lokasi tersebut (misal di indonesia).

·       Cepat dalam Melakukan Pencarian

Google termasuk mesin pencari internet yang sangat cepat dan ringan. Terutama saat melakukan proses pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan, tidak sampai 0,5 detik google dapat menampilkan jutaan hasil pada pencarian kita,

·        Perkembangan Algoritma

Salah satu kelebihan Google adalah perkembangan algoritma yang sangat dinamis, bahkan dapat dikatakan perkembangan algoritma Google adalah yang tercepat di bandingkan mesin pencari lainnya.

·       Dinamis

Google mempunyai algoritma yang sangat dinamis, inilah yang menjadi pembeda antara SEO Google dengan Bing, Yahoo atau mesin pencari lain yang kerap dipermasalahkan oleh sebagian besar blogger

·       Tampilannya yang simpel dan sederhana

Google menawarkan kita tampilan yang simpel dan sederhana namun tetap menarik dan tanpa terlalu banyak iklan yang terkadang mengganggu. Dengan tampilan yang simpel dan sederhana membuat pencarian yang kita lakukan menjadi mudah karena kita cukup memasukkan kata kunci pencarian selanjutnya kita dapat langsung menemukan apa yang kita minta.

·       Beragam File Terimdeks di Google

Google dapat mengindeks berbagai format file seperti PDF, DOC, PPT dan lain sebagainya. Pengindeksan berbagai format file ini memungkinkan pembuat konten web menyimpan informasinya dalam berbagai format file tanpa khawatir format file yang disimpan tidak muncul di halaman pencarian google. Dari beragamnya format file yang dapat terindeks di google tentu akan semakin melengkapi kebutuhan para penggunanya yang mungkin membutuhkan informasi dalam bentuk format file tertentu.

·       Lebih dari Triliunan Situs Web Terindeks

Keuntungan paling signifikan pada mesin pencari Google adalah banyaknya jumlah situs yang diindeks oleh Google. Pada tahun 1998 saja Google sudah mengindeks 26 juta situs web, kemudian pada tahun 2000 jumlahnya meningkat menjadi 1 miliar situs terindeks di Google dan saat ini Google diyakini memiliki lebih dari satu triliun (1.000.000.000.000.000) situs internet yang terindek di Google.

·       Dukungan Teknologi Teranyar

Penguasaan teknologi serta kepemilikan infrastruktur membuat Google dapat merancang strategi yang tepat untuk mesin pencarinya. Google mengaplikasikan teknologi terbaru dengan server yang dapat dikatakan 100% dapat melayani secara cepat dan tanpa down. kemudian banyak nya infrastruktur yang telah dimiliki Google seperti satelit dengan teknologi terbaru membuat kehebatan mesin pencari google sulit ditandingi kompetitornya.

·       Membasmi Spamming

Satu hal yang tak kalah penting di mesin pencari adalah banyaknya web spamming / web yang mempunyai kualitas buruk, biasanya website seperti ini adalah website yang berisi artikel bajakan / curian dari website lain atau website yang hanya berisi kata kunci pencarian (tidak ada konten / artikelnya).




Dibuat Oleh 

Mohamamd Azri Harahap - 51420347- 2IA19


Posting Komentar

0 Komentar