Analisis 2 Perusahan Nasional (Shopee, Indomaret) dan 2 Perusahaan Internasional (Youtube, Google)
SHOPEE
1. Latar
Belakang
Shopee adalah situs elektronik
komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited
(sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest
Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu
memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan
Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya
negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee. Shopee
sendiri dipimpin oleh Chris Feng, mantan karyawan Rocket Internet yang pernah
memimpin Zalora dan Lazada.
Pada tahun 2015, Shopee pertama kali
diluncurkan di Singapura. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace
consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C
dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan
platform toko daring untuk brand ternama. Butuh rujukan
Pada tahun 2017, platform ini
mencatat 80 juta unduhan aplikasi dengan lebih dari empat juta penjual dan
lebih dari 180 juta produk aktif. Pada kuartal keempat tahun 2017, Shopee
melaporkan nilai perdagangan bruto (GMV) sebesar US$1,6 miliar, naik 206 persen
dari tahun sebelumnya. Shopee memiliki nilai total GMV pada tahun 2018 sebesar
US$2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.
Di Malaysia, Shopee menjadi portal
perdagangan elektronik ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Q4 2017,
menggantikan Lelong dan melampaui peringkat Lazada sebagai aplikasi terbaik di
Google Play dan iOS App store.
Demikian pula di kalangan konsumen di
Indonesia, survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh TheAsianParent
mengungkapkan bahwa Shopee adalah platform belanja pilihan pertama bagi para
ibu di Indonesia (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%), dan
Instagram (50 %).
Pada
April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di
platform Shopee untuk menjadi pemain ketiga yang bersaing dengan Gofood dan
GrabFood. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500
penjual makanan di wilayah Jakarta.
2. Omset
Perusahaan
Pendapatan
Shopee diprediksi US$ 4,5 miliar-US$ 4,7 miliar atau sekitar Rp 64,5 triliun-Rp
67,3 triliun pada 2021. "Diproyeksi tumbuh 112,3% secara tahunan (year on
year/yoy),” demikian isi laporan kinerja Sea Group pada kuartal IV 2020.
Sepanjang
tahun lalu, pendapatan Shopee meningkat 159,8% yoy menjadi US$ 2,2 miliar (Rp
31,5 triliun). Jika dihitung dengan insentif penjualan bersih, maka nilainya
mencapai US$ 2,5 miliar (Rp 35,8 triliun).
3. Karakteristik
Perusahaan
Zaman sekarang orang tidak asing lagi
dengan namanya belanja online, selain mudah, biasanya harga barang yang
ditawarkan lebih murah dibandingan beli di toko. Tapi ada banyak sekali situs
belanja online. Salah satunya adalah Shopee. Setiap website belanja online
pasti memiliki kelebihan masing-masing yang mereka tawarkan kepada konsumen. Nah,
apa saja sih kelebihan yang ditawarkan Shopee, dibandingkan situsbelanja online
yang lain?
· Bisa tawar menawar
Siapa bilang kegiatan tawar menawar hanya bisa
dilakukan saat belanja langsung, nah ini dia Shopee memberikan fitur “tawar
menawar” kepada konsumen. Sehingga konsumen dapat mendapatkan barang dengan
harga yang cukup murah dari yang ditawarkan.
· Banyak pilihan “Jasa Pengiriman”
Shopee menawarkan 8 jasa pengiriman yang bisa kamu
pilih seperti JNE, JNT, GO-SEND, POS KILAT dan bahkan bisa juga kirim dari luar
negeri loh! Nggak hanya itu, masing-masing jasa pengiriman menawarkan harga
yang berbeda-beda, jadi kamu bisa memilih yang pas dikantong dan juga yang
tersedia di kota kamu.
· Banyak Pilihan
Tahu nggak sih kalau Shopee memiliki sedikitnya 26
kategori yang ditawarkan, mulai dari Pakaian, Make-up sampai Souvenir Pesta.
Jadi, kamu nggak usah pusing lagi ketika mau mencari barang yang kamu cari, karena
Shopee sudah menyusun rapih dengan mengkategorikannya. Tinggal klik kategori
yang kamu inginkan, dan produk yang kamu cari akan langsung muncul di layar HP
atau komputer.
· Mudah, Simple dan hits
Terkadang situs online shop lain menawarkan pilihan
proses pembayaran yang sedikit membingungkan. Tak jarang user bingung apa yang
harus dilakukan. Di Shopee proses pembayaran telah dipermudahkan. Meskipun kamu
baru berbelanja di Shopee untuk pertama kalinya pasti kamu akan langsung
mengerti. Shopee memberikan pengalaman belanja online yang mudah dan simple and
no ribet. Karena sudah tertera jelas langkah-lngkahnya. Dan hal-hal yang lagi
trend misalnya make-up, fashion dll dapat kamu temukan dengan mudah di Shopee
dan mejadikan kamu “kids zaman now” bukan “kids zaman old”
· Banyak promo
Eits, ini dia yang paling spesial dari Shopee!
Banyaknya promo dan nggak main-main loh promo yang ditawarkan Shopee, dan promo
yang ditawarkan juga beragam dari cashback hingga 100rb, diskon 90% dan masih
banyak lagi. Wah, bikin ngiler ‘kan! Dan asyiknya lagi, Shopee memberika promo
setiap hari loh! Semakin banyak kita belanja semakin banyak promo yang kita
dapatkan.
4. Keunggulan
Apa sih sebenarnya keunggulan dari Shopee Indonesia
hingga menjadi marketplace terbesar dan terlaris? Beberapa keunggulan yang
ditawarkan Shopee baik melalui aplikasi smartphone maupun web antara lain:
· Terdapat fitur gratis ongkir yang
memudahkan pembeli mendapatkan barang tanpa perlu membayar biaya ongkos kirim.
·
Banyak program yang menarik sehingga menguntungkan
penjual dan pembeli.
· Sistem pembayaran yang mudah, baik melalui
rekening bank, ATM, Shopee Pay, Indomaret/Alfamart, hingga COD.
· Aplikasi mudah digunakan, bahkan untuk
para pemula.
· Kecepatan transaksi sehingga dapat
menghemat waktu belanja.
· Proses transparan karena pembeli dapat
mengecek resi pengiriman dengan mudah melalui aplikasi.
· Memudahkan penjual dalam memasarkan produk
dengan cepat dan menarik.
· Terdapat fitur pembayaran tagihan PLN,
internet, hingga air.
· Terdapat fitur live chat yang memudahkan
penjual dan pembeli dalam bertransaksi.
· Memiliki fitur tawar menawar yang
memungkinkan pembeli untuk melakukan penawaran atau nego harga.
INDOMARET
1. Latar
Belakang
PT Indomarco Prismatama, beroperasi
sebagai Indomaret, adalah jaringan pengecer waralaba di Indonesia. Indomaret
merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group. Indomaret merupakan jaringan
minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas area
penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dengan nama Indomart dibuka di
Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dikelola oleh PT Indomarco
Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama
di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun
2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan
sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan Juni tahun 2021, jumlah gerai
sebanyak 18.939 gerai. Mitra usaha waralaba ini meliputi koperasi, badan usaha
dan perorangan. Indomaret tersebar merata dari Sumatra, Batam, Jawa, Madura,
Bali, NTB, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Motto perusahaan adalah Mudah dan
Hemat.
Pada tahun 2013, PT Dyviacom
Intrabumi Tbk (DNET), mengakuisisi 3 perusahaan yang bergerak dibidang ritel, yaitu
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti), PT Fastfood Indonesia Tbk (KFC)
dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). DNET kemudian berubah nama menjadi PT
Indoritel Makmur Internasional Tbk, dan menjadi induk perusahaan bagi
ketiganya.
Kepemilikan DNET di Indomaret dan
Sari Roti merupakan pemegang saham mayoritas dimana masing-masing memiliki 40%
dan 31,5%. Sedangkan di KFC, DNET menjadi pemegang saham terbesar kedua 35,8%.
Per tanggal 26 September 2014, Salim
Group (induk usaha Indomaret) melalui kongsi strategis dengan Philadel
(Philadel Terra Lestari), telah memiliki 20% saham PT Bank Ina Perdana Tbk
(Bank Ina). Philadel berencana menambah kepemilikan saham di Bank Ina hingga
30% untuk mensinergikan sistem kantor tanpa cabang Bank Ina dengan jaringan
retail Indomaret.
Pada tanggal 24 Agustus 2017, PT XL
Axiata Tbk telah mengumumkan bahwa Elevenia, sebuah perusahaan Online Shopping,
tak akan lagi menjadi milik perusahaannya. Sehari sebelumnya, juga beredar
kabar bahwa mitra XL di Elevenia, SK Planet, juga hengkang. Per paruh kedua
2017, Elevenia memang di bawah Grup Salim (induk usaha Indomaret) lewat PT Jaya
Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.
2. Omset
Perusahaan
Langkah ekspansi Indomaret kian tak
terkendali. Terbukti dari jumlah outlet yang dikembangkan kian menyebar
keseluruh pelosok tanah air. Menurut Direktur Pemasaran PT Indomarco
Prismatama, Wiwiek Yusuf, hingga akhir tahun lalu jumlah outlet Indomaret
mencapai 17.600 outlet. Sedangkan akhir tahun
ini PT Indomarco Prismatama menargetkan akan menjadi 18.600 outlet atau
bertambah 1000 outlet.
Ia menambahkan, tahun ini Indomaret
akan memperkuat penyebaran ke wilayah Timur Indonesia, khususnya Ambon, dimana
Indomaret menargetkan akan membuka 50 outlet, sedangkan sisanya akan memperkuat
di kota-kota yang sudah ada seperti Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera,
Sulawesi, Kalimantan dan Ambon. Hingga Januari 2020, Indomaret mencapai 17.681
outlet.
Bertambahnya jumlah outlet seiring
dengan peningkatan omset yang dibidik PT Indomarco Prismatama. Menurut Wiwiek,
bila tahun 2018 omset Indomaret mencapai Rp 70 triliun, sedangkan 2019 omsetnya
mencapai Rp 80 triliun. “Tahun ini, kami menargetkan omset Rp 95 triliun,”
katanya disela-sela penyerahan donasi pelanggan Indomaret di Markas Pusat
Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta.
3. Karakteristik
Perusahaan
Indomaret merupakan salah satu perusahaan retail
terbesar di Indonesia. Indomaret memiliki cabang sangat banyak, baik di kota
besar sampai di kota kecil.Konsepnya sebagai mini market pun dapat memungkinkan
letaknya untuk dapat memasuki area komplek atau perkampungan. Bebeberapa tahun
ini kita sering melihat beberapa jenis Indomaret yang berukuran sedikit lebih
besar, seperti Indomaret Point, Indomaret Plus, maupun Indomaret Fresh. Namun
tahukah perbedaan mengenai ketiga jenis Indomaret tersebut?
Indomaret Plus
Yang pertama adalah Indomaret Plus,
Indomaret ini mengusung konsep midimarket yaitu konsep yang baru baru ini mulai
menjadi tren di masyarakat, pesaing terberat Indomaret yaitu Alfamart pun telah
memiliki toko retail jenis ini yaitu Alfamidi. Indomaret ini memiliki ukuran
yang lebih besar sehingga target pasarnya adalah komunitas, tidak hanya sekedar
lewat untuk berbelanja, dengan adanya Indomaret ini masyrakat juga dapat
memenuhi lebih banyak kebutuhan mingguannya.
Indomaret Fresh
Yang kedua adalah Indomaret Fresh,
Indomaret ini masih terfokus di kota kota besar di Indonesia. Hampir sama
dengan Indomaret plus, jenis Indomaret ini memiliki ukuran yang lebih besar kelebihannya
terletak di barang barang yang dijual didalamnya. Tidak hanya menjual barang
grocery, Indomaret Fresh juga menujual barang barang fresh, baik berupa buah
maupun daging. Sama seperti Indomaret Plus, Indomaret Fresh juga mengincar
target pasar komunitas, dengan adanya Indomaret Fresh ini tidak hanya kebutuhan
harian, kebutuhan mingguan juga dapat terpenuhi dengan adanya Indomaret Fresh
ini.
Indomaret Point
Yang Terakhir adalah Indomaret Point.
Dengan munculnya konsep retail baru yang menjadi tren di Indonesia yaitu konsep
convenience store, manajemen Indomaret tentu tidak ingin ketinggalan untuk ikut
bermain dalam segmen ini. Konsep convenience store yang sudah berkembang di
kota kota besar di dunia menjadi alasan dapat diterimanya konsep ini di Indonesia.
Dengan konsep convenience store ini maka barang yang dijual di Indomaret Point
menjadi bertambah. Indomaret point dengan konsep convenience store menjual
berbagai macam makanan dan minuman cepat saji selain itu fasilitas meja dan
kursi serta wifi juga diberikan untuk menunjang kenyamanan pelanggan.
4. Keunggulan
Ini dia keunggulaan dari Indomaret
· Indomaret merupakan bisnis Franchies yang
pertama diterapkan di Indonesia dan merupakan pionner dalam bidang ritel bentuk
minimarket.
· Produk yang disediakan di Indomaret sangat
beragam dan masih fresh. Mulai dari makanan, minuman, sayur dan buah tersaji di
Indomaret.
· Memiliki system pembelian secara virtual
dnegan beragam promosi melalui Indomaret Card
· Investasi bidang frainchise yang
ditawarkan snagat kompetitif.
· Penempatan lokasi di beberapa berapa
wilayah sangat strategis
· Upah karyawan yang seimbang dnegan biaya
operasional
· Pertumbuhan frainchise tinggi setiap
tahunnya
· Barang yang dijual di Indomaret merupakan
barang eceran dnegan harga yang relative murah karena mengambil pasokan barang
dari salah stau distributor terbesar produk tersebut.
· Merupakan pelopor bisnis waralaba bidang
retail di Indonesia
· Menggunakan plastic yang ramah lingkungan
YOUTUBE
1. Latar
Belakang
YouTube adalah sebuah situs web
berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005.
Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.
Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi
Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video
buatan pengguna/kreator, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain
itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video
pendidikan juga ada dalam situs ini.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah
oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo,
Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai
bagian dari program kemitraan YouTube. tak terdaftar dapat menonton video,
sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.
Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh
pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube,
LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai
anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh Chad Hurley,
Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal.
Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan
Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign
2. Omset
Perusahaan
Untuk pertama kalinya, YouTube
membeberkan pendapatannya. Sejak diakuisisi Google tahun 2006, YouTube belum
pernah sekalipun mengungkap berapa pendapatannya. Platform berbagi video itu
meraup lima miliar dollar AS (sekitar Rp 68,8 triliun) dalam tiga bulan dari
pendapatan iklan. Laporan itu disampaikan langsung oleh CEO Alphabet, sekaligus
CEO Google, Sundar Pichai saat memaparkan pendapatan kuartal Alphabet. Secara
tahunan, YouTube disebut menghasilkan 15,15 miliar dollar AS (Rp 208,1 triliun)
pada tahun 2019. Pendapatan ini naik 36,5 persen dari tahun 2018 yang meraup
11,2 miliar dollar AS (Rp 153,8 triliun). Angka ini menyumbang 10 persen dari
total pendapatan Google. Pendapatan iklan yang dihasilkan YouTube hampir
seperlima dari pendapatan iklan Facebook dan enam kali lebih besar dibanding
iklan Twitch, platform video streaming milik Amazon.
3. Karakteristik
Perusahaan
Berikut beberapa Karakteristik Youtube yang disukai
oleh usernya:
· Tidak terdapat batasan waktu dan jumlah
data untuk mengunggah video kedalam situs ini.
· Sistem keamanan yang sangat baik dan pihak
Youtube sendiri membatasi jenis konten dengan tidak memberikan izin pada jenis
konten yang berbai illegal dan sara.
· Youtube memberikan fasilitas berbayar
dimana video yang mendapatkan minimal 1000 viewer akan mendapatkan honor.
· Terdapat fitur offline yang membuat
pengguna dapat menonton video saat offline namun video tersebut harus di
download terlebih dahulu.
· Pengguna dapat mengedit video langsung
pada situs karena disediakan alat editing sederhana dengan fitur memotong
video, memfilter warna atau juga menambahkan efek transisi.
4. Keunggulan
·
Menjadi sumber informasi lengkap dan
up-to-date.
·
Menjadi sumber penghasilan.
·
Media menyalurkan kreativitas tanpa batas.
·
Media promosi terbaik dan tertarget.
·
Media belajar skill tertentu secara
gratis.
GOOGLE
1. Latar
Belakang
Google LLC adalah sebuah perusahaan multinasional
Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk
tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan
periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.
Google didirikan oleh Larry Page dan
Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua
memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai
perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah
"mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat
oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be
evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View,
California.
Sejak didirikan, pertumbuhan
perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja
sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat
lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel),
paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya
meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan
instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk
telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google
sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan
berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan
mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat
optik dipasang di Kansas untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google
Fiber.
Perusahaan ini diperkirakan
mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh
dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24
petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa
menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia.
Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana
halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati
peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai
kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi. Pada tahun 2014, Google
juga mendapat penghargaaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang
memiliki merk paling bernilai.
Pada 10 Agustus 2015, Google melalui
postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru
bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan
usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Pada
restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet.
Sergey Brin menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai
Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Pichai.
2. Omset
Perusahaan
Google memperoleh pendapatan sebesar US$ 160,7 miliar
pada 2019. Jumlah itu berasal dari iklan (US$ 134,8 miliar) dan Google Cloud
(US$ 8,9 miliar). Pendapatan noniklan, seperti biaya langganan YouTube Music
dan penjualan perangkat keras, juga berkontribusi banyak, yakni US$ 17 miliar.
Pendapatan tersebut meningkat sekitar 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun,
bukan hanya pada 2019, pendapatan perusahaan ini terus meningkat dalam empat
tahun terakhir. Pada 2016, nilainya bahkan belum menembus US$ 100 miliar.
3. Karakteristik
Perusahaan
Google Chrome menampilkan antarmuka pengguna
minimalis, dengan prinsip antarmuka pengguna yang kemudian diterapkan ke
peramban lain. Misalnya, penggabungan bilah alamat dan bilah penelusuran ke
dalam omnibox. Chrome juga memiliki reputasi untuk kinerja browser yang kuat.
·
Markah dan pengaturan sinkronisasi
·
Dukungan standar web
·
Keamanan
·
Kecepatan
·
Stabilitas
·
Antarmuka pengguna
·
Pintasan dan aplikasi desktop
·
Ekstensi
·
Tema
·
Terjemahan halaman web otomatis
4. Keunggulan
· Hasil Sangat Relevan
Jika kita bandingkan dengan mesin pencari lain, Google
adalah mesin pencari yang mengeluarkan hasil pencarian yang paling relevan
sesuai kebutuhan penggunanya. Hal tersebut karena Google memiliki algoritma
yang sangat baik untuk memunculkan web berkualitas tinggi di halaman
pencariannya.
· Support pencarian Berdasarkan Lokasi
Google juga dilengkapi dengan kemampuan yang dapat
melakukan pencarian berdasarkan lokasi pengguna. Misalnya di Indonesia, maka
akan menjadi google.co.id. dan hasil nya pun lebih relevan karena sesuai dengan
kebiasaan pencarian di lokasi tersebut (misal di indonesia).
· Cepat dalam Melakukan Pencarian
Google termasuk mesin pencari internet yang sangat
cepat dan ringan. Terutama saat melakukan proses pencarian dengan menggunakan
kata kunci yang relevan, tidak sampai 0,5 detik google dapat menampilkan jutaan
hasil pada pencarian kita,
· Perkembangan Algoritma
Salah satu kelebihan Google adalah perkembangan
algoritma yang sangat dinamis, bahkan dapat dikatakan perkembangan algoritma
Google adalah yang tercepat di bandingkan mesin pencari lainnya.
· Dinamis
Google mempunyai algoritma yang sangat dinamis, inilah
yang menjadi pembeda antara SEO Google dengan Bing, Yahoo atau mesin pencari
lain yang kerap dipermasalahkan oleh sebagian besar blogger
· Tampilannya yang simpel dan sederhana
Google menawarkan kita tampilan yang simpel dan
sederhana namun tetap menarik dan tanpa terlalu banyak iklan yang terkadang
mengganggu. Dengan tampilan yang simpel dan sederhana membuat pencarian yang
kita lakukan menjadi mudah karena kita cukup memasukkan kata kunci pencarian
selanjutnya kita dapat langsung menemukan apa yang kita minta.
· Beragam File Terimdeks di Google
Google dapat mengindeks berbagai format file seperti
PDF, DOC, PPT dan lain sebagainya. Pengindeksan berbagai format file ini
memungkinkan pembuat konten web menyimpan informasinya dalam berbagai format
file tanpa khawatir format file yang disimpan tidak muncul di halaman pencarian
google. Dari beragamnya format file yang dapat terindeks di google tentu akan
semakin melengkapi kebutuhan para penggunanya yang mungkin membutuhkan
informasi dalam bentuk format file tertentu.
· Lebih dari Triliunan Situs Web Terindeks
Keuntungan paling signifikan pada mesin pencari Google
adalah banyaknya jumlah situs yang diindeks oleh Google. Pada tahun 1998 saja
Google sudah mengindeks 26 juta situs web, kemudian pada tahun 2000 jumlahnya
meningkat menjadi 1 miliar situs terindeks di Google dan saat ini Google diyakini
memiliki lebih dari satu triliun (1.000.000.000.000.000) situs internet yang
terindek di Google.
· Dukungan Teknologi Teranyar
Penguasaan teknologi serta kepemilikan infrastruktur
membuat Google dapat merancang strategi yang tepat untuk mesin pencarinya.
Google mengaplikasikan teknologi terbaru dengan server yang dapat dikatakan
100% dapat melayani secara cepat dan tanpa down. kemudian banyak nya
infrastruktur yang telah dimiliki Google seperti satelit dengan teknologi
terbaru membuat kehebatan mesin pencari google sulit ditandingi kompetitornya.
· Membasmi Spamming
Satu hal yang tak kalah penting di mesin pencari
adalah banyaknya web spamming / web yang mempunyai kualitas buruk, biasanya
website seperti ini adalah website yang berisi artikel bajakan / curian dari
website lain atau website yang hanya berisi kata kunci pencarian (tidak ada
konten / artikelnya).
0 Komentar