Perusahan yang Bergerak
Dalam
Bisnis Inforamatika
-Lagsya Akrama
-Marchelino Mangatur
-Mahesa Tirta Panjalu
-Mohammad
Azri Harahap
-Muhammad Nurfasha Rachmat
-Muhammad
Syaichan Alzahir
-Rabbani Salim
Kata Pengantar
Assalamualaikum
wr.wb
Alhamdulillah. Puji
syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Atas karuniaNya berupa
nikmat iman dan kesehatan ini akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah
bertema Pancasila. Tidak lupa shawalat serta salam tercurahkan bagi Baginda
Agung Rasulullah SAW yang syafaatnya akan kita nantikan kelak. Makalah berjudul “Perusahan yang
Bergerak Dalam Bisnis Inforamatika”
Adapun penulisan
makalah bertema informatika ini dibuat untuk memenuhi tugas, penulis
mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu
penyelesaian makalah. Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat
bagi pembaca.
Dengan kerendahan
hati, penulis memohon maaf apabila ada ketidak sesuaian kalimat dan kesalahan. Meskipun demikian, penulis terbuka
pada kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah.
Wassalamualaikum
wr.wb
Bekasi , 8 Maret 2022
Daftar isi
2.1Definisi dari
Bisnis,TIK & BI
2.3 Kelebihan dari Alibaba
Group
2.4 Kelamahan dari Alibaba
Group
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Bisnis
informatika adalah salah satu bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang
ini, baik di lingkup internasional maupun nasional. Yang membuat cepatnya
petumbuhan bisnis ini adalah keikutsertaan teknologi yang perkembanganya tidak
bisa dibendung. Sebenarnya bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia
internet saja, namun lingkupnya juga mencakup software development, consultan
IT dan sebagainya yang berkaitan dengan TIK. Perkembangan bisnis informatika di
Indonesia ini terjadi peningkatan yang sangat pesat. mengingat kebutuhan akan
bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika menjadi
salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk kedepannya. Namun juga tetap
didukung oleh SDM yang berkualitas dalam menyampaikan era bisnis.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan
permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian tugas akhir ini adalah:
·
Apa Definisi dari
Bisnis,TIK & BI
·
Apa kelebihan dan
kekurangan dari Alibaba Group
1.3 Tujuan
Bersumber pada rumusan permasalahan
yang disusun oleh penulis di atas, hingga tujuan dalam penyusunan makalah ini
merupakan bagaikan berikut:
·
Untuk Mengetahui Tentang
definisi dari Bisnis,TIK & BI
·
Untuk Mengetahui Tentang Profil
Perusahaan Dari Alibaba Group
·
Untuk mengetahui Tentang
Kelebihan dan Kekurangan Dari Alibaba Group
BAB II
ISI
2.1 Definisi
dari Bisnis,TIK & BI
Definisi Bisnis
Pengertian
bisnis adalah suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi maupun
masyarakat luas. Bisnis berkaitan dengan aktivitas produksi, pembelian,
penjualan, dan pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang dan perusahaan.
Dalam konteks yang lebih sempit, bisnis seringkali dikaitkan dengan usaha,
perusahaan ataupun organisasi yang dapat menghasilkan barang dan jasa demi
memperoleh keuntungan atau laba.
Definisi TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi
adalah teknologi yang memroses atau mengolah dan memproduksi informasi serta
menyebarluaskan atau mempublikasikannya, seperti Komunikasi Media.
Definisi Bisnis
Informatika
Bisnis informatika adalah salah satu
bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup
internasional maupun nasional. Yang membuat cepatnya petumbuhan bisnis ini
adalah keikutsertaan teknologi yang perkembanganya tidak bisa dibendung.
Sebenarnya bisnis informatika tidak hanya terbatas di dunia internet saja,
namun lingkupnya juga mencakup software development, consultan IT dan
sebagainya yang berkaitan dengan TIK. Perkembangan bisnis informatika di
Indonesia ini terjadi peningkatan yang sangat pesat. mengingat kebutuhan akan
bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika menjadi
salah satu bisnis yang mempunyai wajah cerah untuk kedepannya. Namun juga tetap
didukung oleh SDM yang berkualitas dalam menyampaikan era bisnis.
2.2 Profil
Perusahaan
Alibaba
Group Holding Limited adalah konglomerat
multinasional Tiongkok yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel,
Internet, kecerdasan buatan, dan teknologi. Didirikan pada tahun 1999,
perusahaan ini menyediakan layanan penjualan konsumen-ke-konsumen,
bisnis-ke-konsumen, dan bisnis-ke-bisnis melalui portal web, serta layanan
pembayaran elektronik, mesin pencari belanja dan layanan cloud computing.
Perusahaan ini memiliki dan mengoperasikan beragam bisnis di seluruh dunia
dalam berbagai sektor, dan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling
dikagumi di dunia oleh Majalah Fortune.
Pada saat
penutupan dalam penawaran umum perdana (IPO) - 25 miliar Dolar Amerika Serikat
- tertinggi di dunia dalam sejarah, 19 September 2014, nilai pasar Alibaba
adalah AS$ 231 miliar. Per Juni 2018, kapitalisasi pasar Alibaba mencapai AS$
542 miliar. Perusahaan ini menjadi salah satu dari 10 perusahaan paling
bernilai dan terbesar di dunia.Pada Januari 2018, Alibaba menjadi perusahaan
Asia kedua yang berhasil menembus angka valuasi 500 miliar dolar AS, setelah
Tencent. Pada tahun 2018, Alibaba memiliki nilai merek global tertinggi ke-9.
Beroperasi di
lebih dari 200 negara dan wilayah, Alibaba menjadi pengecer terbesar di dunia,
salah satu perusahaan terbesar dalam bidang Internet dan kecerdasan buatan,
salah satu perusahaan modal ventura terbesar, dan salah satu perusahaan
investasi terbesar di dunia. Perusahaan ini menjadi tuan rumah pasar B2B
(Alibaba.com) dan B2C (Taobao, Tmall) terbesar di dunia.Penjualan dan
keuntungan daringnya melampaui semua pengecer di Amerika Serikat (termasuk Walmart,
Amazon, dan eBay) yang digabungkan sejak 2015. Perusahaan ini telah berkembang
ke dalam industri media, dengan catatan pendapatan yang naik tiga kali lipat
dari tahun ke tahun.[18][19] Perusahaan ini juga menjadikan Hari Lajang di
Republik Rakyat Tiongkok menjadi hari belanja daring dan luring terbesar di
dunia pada tahun 2018. Penghitungan akhir pada platform Alibaba mencapai $
30.802.477.608, meningkat sekitar 27% dari total catatan pada tahun lalu dengan
nilai tukar saat itu. Hal ini lebih rendah jika dibandingkan dengan catatan
pertumbuhan 40% pada tahun sebelumnya, yakni 2017
2.3
Kelebihan dari Alibaba Group:
1. Situs Alibaba tergabung dalam tiga grup
(Inggris, China, Jepang) dengan basis pelanggan yang cukup luas untuk
meningkatkan jumlah informasi.
2. Informasi pada situs Alibaba semakin
lebih menyeluruh.
3. Jumlah anggota yang sangat besar,
sehingga meningkatkan visibilitas, membangun merek mencakup inforasi Alibaba
yang berkembang, dan menarik minat bisnis.
4. Memberikan jaminan bertransaksi online
yang aman.
2.4
Kelamahan dari Alibaba Group:
1. Kelemahan utamanya adalah perusahaan ini
memiliki tingkat teknologi yang lebih rendah. Bisnis lain di pasar yang sama
memiliki situs e-commerce yang lebih kompleks dan menarik, dan ini merupakan
kerugian bagi perusahaan.
2. Dari segi keanggotaan, Alibaba mempunyai
member yang beragam, terjadi sebuah gesekan internal yang sangat serius antara
efek dari pelanggan positif dan pelanggan iasive.
3. Belum memaksimalkan upaya yang ias
dilakukan untuk mengembangkan merek dengan meningatkan upaya periklanan dan
memasuki pasar yang belum tersentuh.
BAB III
Penutup
3.1
Kesimpulan
Setelah dilakukan penelitian, adapun
beberapa kesimpulan yang didapatkan adalah :
·
Bisnis informatika adalah salah
satu bisnis yang paling cepat pertumbuhannya sekarang ini, baik di lingkup
internasional maupun nasional.
·
Alibaba Group merupakan
perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999.
Marketplace tersebut adalah bisnis pertama pria kelahiran tahun 1964 itu.
Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di dunia.
Daftar Pustaka
https://almeidianaggeneration.blogspot.com/2016/10/sejarah-alibaba-group.html
http://andifajrii.blogspot.com/2017/10/pengertian-bisnis-tik-dan-bisnis.html?m=1
0 Komentar